Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mimpi Kencing Kok Malah Kencing Beneran? Ternyata Ini Penyebabnya


Hayo, ngaku deh, pasti waktu kamu masih kecil pernah mimpi kencing dan malah beneran kencing di tempat tidur, iya kan? Masih mending kalau saat kamu bangun enggak ada saksi mata, bisa kamu sembunyikan tuh selimut dan seprai yang basah kuyup. Sialnya, seringkali orangtua menemukan bukti kamu pipis di kasur, dan akhirnya marah-marah deh sama kamu.

(Sumber: WebMD)

Tetapi, bukan cuma anak kecil loh yang bisa mimpi pipis dan beneran ngompol di kasur, sebab orang dewasa juga bisa. Kok bisa gitu sih? Umumnya, pipis saat tidur disebabkan kamu terlalu banyak minum tuh sebelum tidur. Sehingga pas kamu tidur, kandung kemih kepenuhan, dan tubuh kamu secara natural memang harus ngompol dalam kondisi ini.

Menurut berita yang dilansir dari Boldsky, kamu sebenarnya enggak perlu merasa khawatir bila ngompol pas tidur. Sebaliknya, itu bukti bahwa tubuh kamu bekerja dengan cara yang sehat. Kencing saat tidur itu juga merupakan bukti kalau tubuh kamu sudah enggak kuat lagi menahan cairan racun yang terlalu banyak.

(Sumber: Viral Fringe)

Cairan racun ini berasal dari mana? Sebagai hasil sisa metbolisme, dalam tubuhmu itu ada kotoran atau limbah yang harus dibuang. Nah, salah satu cara alami tubuh membersihkan diri dari cairan-cairan sisa metabolisme yaitu dengan berkeringat atau kencing. Makanya, saat kamu kurang berolahraga dan jarang berkeringat, sebagai gantinya kamu bakal beser alias sering pipis.

Hanya saja, dalam beberapa kondisi tertentu, kamu yang sudah menginjak usia dewasa wajib khawatir jika terlalu sering ngompol pas tidur. Bisa jadi kamu menderita diabetes. Bahkan, lebih parah lagi, terlalu sering pipis saat tidur bisa mengindikasikan kamu terkena kanker kandung kemih, infeksi saluran kemih, atau gangguan neurologis.

(Sumber: YouBeauty)

Kok malah jadi ngeri ya penjelasannya? Intinya gini aja deh, semua penyakit-penyakit di atas biasanya dipicu oleh kebiasaan kamu yang sering nahan kencing, dan pastinya kurang olahraga. Jadi, mending diubah tuh gaya hidup kamu yang kurang sehat itu. Dan jangan lupa, kencing dulu sebelum kamu bobo.

Post a Comment for "Mimpi Kencing Kok Malah Kencing Beneran? Ternyata Ini Penyebabnya"