Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Spesies Dinosaurus Baru Ditemukan di Australia

Sebuah tim palaentolog menemukan spesies baru dinosaurus di Australia. Menurut tim peneliti itu, fosil savannasaurus ini merupakan salah satu fosil yang paling lengkap yang ditemukan di Australia. "Ini penemuan yang penting," kata Matthew Lamanna, kurator di Museum Sejarah Carnegie di Pennsylvania, Amerika Serikat. "Dinosaurus dari Australia amat langka, dan biasanya hanya terwakili oleh beberapa potongan (fosil)," katanya seperti dilansir The Verge yang mengutip publikasi dari Scientific Report pada Kamis, 20 Oktober 2016.

Spesies dinasaurus itu diberi nama Savannasaurus Elliottorum. Berdasarkan kerangkanya, dinosaurus ini memiliki panjang sekitar 50 kaki, dengan leher panjang dan lebar, tubuh bulat - berbobot 40.000 pon. Fosil pertama dari dinosaurus ini ditemukan oleh David Elliot pada 2005 silam ketika ia dan istrinya Judy Elliot sedang mengembala domba di utara Kota Winton, Australia.

Setelah 10 tahun meriset penemuan ini, tim peneliti palentologi Australia yang dipimpin Stephen Poropat mempublikasikannya dalam jurnal Scientific Reports. Menurut tim peneliti, fosil savannasaurus ini salah satu fosil yang paling lengkap yang ditemukan di Australia yang meliputi 14 bagian fosil yang terpisah.

Spesies savannasaurus diperkirankan hidup di Australia pada 95 - 98 juta tahun yang lalu yang hidup di akhir zaman dinosaurus hingga akhirnya asteroid menghamtam bumi pada 66 juta tahun yang lalu.

Poropat berharap penemuan spesies dinaosaurus baru ini akan terus diteliti. "Setiap kali Anda memasukkan nama pada dinosaurus itu adalah hipotesis - dan itu salah satu yang akan diuji dan diuji di masa depan, dan kami berharap tentu saja Savannasaurus akan bertahan dalam ujian waktu," kata Poropat. *

Post a Comment for "Spesies Dinosaurus Baru Ditemukan di Australia"