Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ruang Operasi di Rumah Sakit di Jepang Ludes Terbakar Gara-gara Pasien Kentut


Kentut memang hal yang wajar di kehidupan sehari-hari. Tak ada hal yang aneh jika manusia mengeluarkan gas tersebut dari tubuh. Namun seorang pasien yang tengah buang angin ini malah menyebabkan kebakaran. Kok bisa?

Kabar mengejutkan ini datang dari Jepang tepatnya di Rumah Sakit Universitas Medis Tokyo. Pasien berusia 30 tahunan ini awalnya sedang melakukan operasi bedah rahim. Selama proses berlangsung dia terus menerus buang angin. Setelah itu, api tiba-tiba tersulut kemudian membakar ruangan.

Kebakaran itu mengakibatkan ruang operasi tersebut benar-benar hangus total. Sang pasien pun mengalami luka bakar serius di sekujur tubuhnya.

Asashi Shimbun, surat kabar Jepang yang memuat berita tersebut menuliskan tidak ada gas yang mudah terbakar dalam ruang operasi. Keterangan dalam berita itu menambahkan pihak rumah sakit mencurigai gas kentut pasien sebagai pemicunya.

"Mereka percaya bahwa gas itu menyala karena laser. Mereka yakin tidak ada bahan yang mudah terbakar di ruang operasi," kutipan isi berita dari Asashi Shimbun. "Ketika gas usus pasien bocor, itu menyulut radiasi laser dan berubah menjadi api. Pembakaran menyebar hingga akhirnya seluruh ruang operasi terbakar."

Kentut atau istilah medisnya flatus adalah udara dalam usus. Komposisinya pun bermacam-macam, mulai dari nitrogen, karbondioksida, hidrogen, methane dan oksigen. Dibanding gas lainnya, hidrogen dan methane merupakan zat yang paling yang mudah terbakar. (wk/kr)

Post a Comment for "Ruang Operasi di Rumah Sakit di Jepang Ludes Terbakar Gara-gara Pasien Kentut"