Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wow! Ternyata Ada Dua Rongga Tersembunyi di dalam Piramida Gyza


Ilustrasi: situs bersejarah terbesar di Mesir, Piramida Giza atau The Great Pyramid Giza. (Pixabay/NadineDoerle)

Arah -  Siapa tak kenal piramida --atau populer dengan istilah 'Great Pyramid of Gyza'-- di Mesir. Salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang diakui sebagai sisa peradaban kuno pada 500 abad yang lampau.

Namun, di balik bangunannya yang megah, monumen berusia 4.500 tahun ini ternyata masih menyimpan segudang misteri yang belum terungkap.

Salah satu yang baru terungkap, para ilmuwan baru saja menenmukan dua rongga tersembunyi di dalam Piramida Giza, yang tak pernah diketahui sebelumnya.

Ahli tersebut membenarkan keberadaan rongga misterius itu pada Sabtu (15/10) lalu, setelah melakukan pemindaian dengan alat radiografi.


Temuan ini pun buru-buru diumumkan oleh Kementerian Barang Antik setempat, yang menyatakan dua "anomali" itu telah ditemukan di piramid berusia 4.500 tahun di bawah peradaban Raja Khufu.

Saat ini, tim ahli masih melakukan eksplorasi lebih lanjut untuk mengetahui fungsi, sifat, dan ukuran rongga itu.

Dalam Piramida Agung Giza, pada ketinggian 146 meter, terdapat rongga yang tersembunyi, dan sekaligus menjadi hipotesa baru bahwa piramid bukan semata-mata dibangun sebagai makam Firaun.

"Kami sekarang bisa mengkonfirmasi bahwa ada keberadaan rongga kosong tersembunyi di sebelah utara bagian piramida, yang memiliki setidaknya satu koridor khusus untuk memasuki Piramida Agung," kata ahli dari Operation ScanPyramids, dalam keterangan tertulis yang dikutip Mail Online.

Rongga lainnya ditemukan di sisi timur laut piramida, berdasarkan hasil pemindaian radiografi dan rekonstruksi 3D melalui alat mereka.


"Rongga tersebut berbentuk seperti lorong, dan bisa jadi jalan naik ke atas piramida," kata Mehdi Tayoubi, pendiri Heritage Innovation Preservation Institute, yang berkantor di Paris.

Akan tetapi, dia belum menemukan hubungan antara dua rongga yang terpisah itu, begitu pun tujuan dan sifat masing-masing rongga.

Operasi ScanPyramids dimulai pada Oktober tahun lalu untuk mencari kamar tersembunyi di dalam Khufu dan tetangganya Khafre di Giza, serta Piramida Bent dan Red di Dahshur, yang mana semuanya berlokasi di sebelah selatan Kairo.

Post a Comment for "Wow! Ternyata Ada Dua Rongga Tersembunyi di dalam Piramida Gyza"