Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mencari Laptop Agar Kamu Jangan Sampai Kayak Gini


Laptop buat orang-orang yang pecicilan alias mobilitasnya tinggi dan musti ngerjain kerjaan dimana aja, pasti ngambil bagian yang penting banget di hidupnya. Tapi, pas kita mau beli laptop, masih sering banget kita terpesona sama laptop yang harganya mahal tapi isinya ngga sebagus harganya, atau malah kita ngelewatin laptop murah yang isinya kece berat.

Nah, di artikel ini mau ngasih beberapa kesalahan yang biasa orang-orang lakuin pas beli laptop. Langsung cekidots aja guys!

1. Nggak Selalu Butuh Yang Mahal

Persepsi harga mahal pastinya kualitas barangnya lebih bagus kayaknya kudu kamu ilangin deh di jaman sekarang ini. Soalnya, sekarang-sekarang ini banyak banget beredar merk laptop yang harganya jauh lebih murah dengan kualitas yang mempuni.

Emang sih, kadang-kadang ada juga laptop yang harganya muahal banget dan punya beberapa fitur kece juga. Tapi, sadar ngga sadar, kamu tuh ngga butuh-butuh amat sama fitur itu. Makanya, selain tentuin laptop yang pas buat kantong kamu, kamu juga kudu nentuin laptop apa yang sesuai sama kebutuhan kamu biar ngga bikin kurus celengan semar kamu.

2. Jangan Pilih Yang Murahan

Ngga ada salahnya juga kamu beli laptop bekas yang harganya bisa dua per-tiga dari harga laptop baru. Tapi sebelum kamu beli, mending kamu cari tau dulu umur laptop itu dan apa aja yang ada di jeroan laptop itu. Ngga mau kan laptop yang kamu beli punya hardware yang ketinggalan zaman.

Kalo kamu ngebeli laptop yang hardware-nya udah jadul, kemungkinan laptop itu ngga bakalan dapet OS terbaru dan juga aplikasi-aplikasi terbaru zaman sekarang. Malahan, ngga sedikit juga hardware yang umurnya udah diujung tanduk, dan kamu malah harus ngeluarin uang lagi buat benerin itu.

3. Survey Ke Toko Lain

Nah, kalo yang ini sih emang kelakuan emak-emak banget. Tapi ngga ada salahnya juga sih kamu terapin pas mau beli laptop baru. Sebelum kamu fix beli di toko satu, alangkah baiknya kamu juga nyoba tanya-tanya ke toko lain. Siapa tau di toko sebelah harganya lebih murah atau malah punya bonus-bonus lain, macem tas laptop, mouse atau mbak-mbaknya yang jaga gitu.

4. Lupa Tujuan

Kalo ini sih biasanya cewek-cewek yang suka khilaf. Niatnya beli laptop, eh smartphone-nya juga ikut-ikutan diganti. Makanya, sebelum kamu pergi ke toko atau mall yang jual laptop, mending kamu tempa dulu mental kamu biar ngga tergiur sama barang-barang lain.

Ada juga sih penjual-penjual ‘nakal’ yang suka tebar rayuan dan gombalannya buat ngebeli barang-barang lainnya. Makanya, yang kayak Mamang tadi bilang, perkuat mental kamu dan kalo bisa, bawa uang secukupnya aja.

5. Ketipu Sofware Abal

Pasti kamu tau bangetlah, kalo software-software asli itu harganya ngga sebanding sama dua-tiga porsi kebab Turki. Malahan, OS Windows yang asli aja bisa dibandrol diatas $100 atau Rp 1,3 jutaan.

Untungnya, ngga sedikit laptop yang dijual dengan bundle OS Windows asli yang harganya jutaan itu. Tapi, kadang-kadang ada tuh penjual-penjual nakal yang ngeganti Windows asli yang harusnya kamu dapetin secara cuma-cuma dengan Windows abal-abal. Udah ketipu jutaan, kamu ngga bakalan dapet update-an OS Windows pula. Grrrrrr!

6. Nggak Nyicipin Dulu

Sebelum kamu pulang dan bawa laptop yang baru kamu beli, jangan lupa kamu deep-test dulu laptop baru kamu. Coba kamu cek dulu layarnya apa ada blackspot atau ngga, terus cek juga keyboard-nya satu-satu, speakernya jangan lupa juga disetel lagu keras-keras, dan jangan lupa, konektifitas macem WiFi dan Bluetooth dicobain juga.

Kalo kamu ampe ngga ngetes, terus pas di rumah ternyata ngga bisa kan mager banget kudu balik lagi ke toko itu buat komplen. Iya kalo misalkan bisa dibenerin saat itu juga, lah kalo harus diinep gimana? Gagal deh pamer laptop baru ke temen-temen kamu.

7. Terobsesi Salah Satu Spesifikasi

Ngga sedikit dari kita (termasuk Saya) yang terobsesi banget sama satu spesifikasi laptop dan ngebuat kita kudu banget beli laptop yang spesifikasinya begitu. Sebenernya ini salah lho guys!

Alangkah lebih baiknya, sebelum kamu beli laptop, kamu bandingin dulu tuh laptop satu dengan laptop lainnya. Ambil plus dan minusnya, pilih mana yang kamu butuhin dan bakalan bermanfaat banget dari segi fitur dan spesifikasinya. Kalo kamu bingung mau ngebandingin gimana, tinggal cari aja di Google, semuanya pasti ada.

Hmmmmm, dari tujuh poin yang Mamang kasih diatas pasti ngga sedikit dari kamu yang ngerasa ribet banget. Tapi ya mau gimana lagi, ngga mau kan kamu sampe buang-buang duit gara-gara salah beli, atau ngga mau kan kamu kudu bolak-balik ke service center gara-gara laptop kamu abal-abal. Makanya, sebelum kamu beli, mendingan kamu cari dulu deh tuh review-review laptop yang ada di Google, pasti bakalan ngebantu banget.

Nah, sekian deh tips hal yang perlu kamu hindarin pas beli laptop. Moga aja sih tips ini bermanfaat buat kamu semua.

Sumber

Post a Comment for "Tips Mencari Laptop Agar Kamu Jangan Sampai Kayak Gini"