Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kamu Harus Tau, Jangan Upload 3 Hal Ini di Media Sosial! Yang Pertama Sering


Media sosial emang jadi sarana paling oke buat nge-share momen-momen menarik ke temen-temen kamu. Tapi banyak yang masih gak tau, apapun yang kamu share di internet itu jadi konsumsi publik. Ya okelah kalo cuma diliat doang, Tapi kalo apa yang kamu share jadi modus kriminal gimana? Hayoo

Yep, semakin canggih teknologi, semakin canggih juga cyber crime yang bisa terjadi. Upload hal-hal sepele di sosial media bisa jadi alat pembunuh diri kamu sendiri lho guys. Contohnya aja, upload 3 hal ini:

1. Boarding Pass


Wah, banyak banget deh orang pamer boarding pass liburan mereka ke sosial media. Padahal tanpa disadarin, upload boarding pass ke sosial media itu berarti kamu ngasih tau detail hidup kamu ke publik.

Yep, dari kode QR yang ada di boarding pass, hacker-hacker bisa ngakses nomor telepon, alamat rumah, tanggal lahir, juga data-data yang ada di paspor kamu. Simpelnya juga, orang bisa tau kalo rumah kamu lagi longgar penjagaan.

2. Alat transaksi


Mau itu uang, credit card, sampe wesel sekalipun jangan sampe di upload di sosial media yah guys. Simpelnya, orang jadi tau kalo kamu punya banyak duit. Kompleksnya, bisa jadi kamu jadi korban penipuan, ataupun kartu kredit kamu dijebol sama hacker.

3. Hal-hal yang sifatnya gak profesional


Jangan anggep remeh ya status-status alay, foto-foto alay kamu itu gak ada efek apa-apa buat hidup kamu ke depan. Masalahnya, siapapun orang yang mau kerjasama secara profesional sama kamu bakalan ngelakuin background check lewat medsos kamu. Ya buat mastiin kalo kamu orang yang tepat buat diajak kerjasama.

Banyak kejadian, karyawan-karyawan juga dipecat gara-gara status yang ngehina perusahaan, gambar-gambar nyeleneh yang gak sesuai sama prinsip perusahaan.

Bahkan, ada juga perjanjian nilai miliaran rupiah yang batal gara-gara orang terlalu seneng dan nge-share perjanjian itu di medsos. Ya sifatnya rahasia kok dikasih tau ke publik sih?

Post a Comment for "Kamu Harus Tau, Jangan Upload 3 Hal Ini di Media Sosial! Yang Pertama Sering"