Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nostalgia Dengan 10 Memorabilia Perangkat BlackBerry


Keputusan BlackBerry untuk tidak lagi memproduksi smartphone sendiri, mengakhiri kiprah vendor asal Kanada ini selama 14 tahun di industri perangkat mobile. Selama kurun waktu tersebut, sejumlah tipe perangkat BlackBerry sudah diluncurkan mulai dari awal berdirinya, yang sempat mengusung nama RIM (Research In Motion), hingga tipe terakhir sebelum akhirnya BlackBerry mengibarkan ‘bendera putih’.

Terkait dengan perjalanan BlackBerry di industri ponsel, laman Wired mencoba merangkumnya dalam memorabilia yang menggambarkan bagaimana jatuh bangun pabrikan asal Kanada tersebut, di industi yang sempat melambungkan namanya.

Berikut jajaran produk yang sempat mewarnai hari-hari BlackBerry selama bersaing di Industri perangkat mobile.


1. RIM 850 1999
 menjadi tahun dimana RIM 850 diperkenalkan kehadapan publik. RIM 850 sendiri adalah perangkat mobile pertama dari perusahaan asal Kanada tersebut. Produk perdana yang belum dinamai “BlackBerry” memiliki bentuk seperti pager. RIM 850 hadir dengan layar yang sanggup memuat delapan baris teks monokrom dan turut dibekali kalender, penyimpan alamat, kalkulator, serta sanggup mengirim pesan dan e-mail.


2. BlackBerry 5810 
Hadir di periode Maret 2002, Blackberry 5810 Menjadi penerus RIM 850. Ponsel ini menjadi perangkat mobile pertama dari RIM yang dibekali kemampuan untuk menelepon mesti harus dipasangkan dengan headset. Ponsel tersebut memiliki kemampuan e- mail, bukan pager seperti perangkat sebelumnya.


3. BlackBerry Quark
Quark alias BlackBerry seri 6200, bisa diaktakan menjadi produk perdana Blackberry yang dibekali kemampuan voice. Kehadiran BlackBerry seri 6200 segera disusul oleh BlackBerry seri 7200 pada pertengahan 2003 yang memiliki bentuk mirip tapi datang dengan layar berwarna (240 x 160 piksel).


4. BlackBerry Pearl 8100 
Setelah fokus pada pasar corporat, di periode September 2006, pabrikan asal Kanada ini mencoba menembus pasar smartphone untuk konsumen dengan mengusung BlackBerry Pearl 8100. Ponsel ini dilengkapi keypad numerik SureType dan alat navigasi jenis baru bernama trackball yang bakal dipakai pada perangkat-perangkat BlackBerry setelahnya.


5. BlackBerry Curve 
Mei 2007, BlackBerry model pertama dari seri Curve. Produk yang dimaksud memiliki nama BlackBerry Curve 8300. Ponsel ini Dilengkapi kamera 2 megapiksel Curve 8300 memadukan fitur multimedia dan profesional ke dalam satu perangkat dan diorientasikan ke konsumen umum seperti halnya seri Pearl.


6. BlackBerry Bold
Seri Bold merupakan salah satu perangkat ikonik yang pernah dirilis di era kejayaan BlackBerry. Muncul pada Mei 2009, BlackBerry Bold 9000 adalah perangkatflagship yang dibekali fitur-fitur andalan. Spesifikasinya mencakup media penyimpanan 1 GB, RAM 128 MB, layar warna 2,6 inci (280 x 320 piksel), Wifi, kamera 2 MP, trackball, dan tentu saja keyboard QWERTY.


7. BlackBerry Storm
Mencoba memberi jawaban dari kehadiran iPhone yang mendapat respon baik dari konsumen, pada akhir 2008 BlackBerry merilis seri Strom. Pada seri Strom untuk pertama kalinya, papan ketik yang menjadi ciri khas BlackBerry absen, diganti teknologi layar sentuh SurePress. Sayang, teknologi layar tersebut menimbulkan banyak masalah dan tidak disukai konsumen. Storm yang tidak memiliki fitur dasar seperti Wi-Fi pun gagal di pasaran.


8. BlackBerry PlayBook 
BlackBerry mencoba kembali meniru kesuksesan Apple dengan memperkenalkan perangkat tablet 7 inci bernama PlayBook pada 2010. Sayang nasibnya seperti seri strom yang tidak laku di pasaran. BlackBerry pun kapok dan menghentikan usahanya mengembangkan tablet.


9. BlackBerry Z10 
BlackBerry mengembangkan sistem operasi baru bernama BlackBerry 10 sebagai pesaing platform mobile iOS dan Android yang sudah lebih maju dan lebih dulu populer. OS ini hadir perdana lewat ponseltouchscreen BlackBerry Z10 pada awal 2013. Namun, OS dan handset BlackBerry 10 tak berhasil mengembalikan pamor BlackBerry yang terlanjur terpuruk.


10. BlackBerry Priv
Lantaran BlackBerry 10 gagal menarik hati pengguna, BlackBerrymencampakannya dan beralih ke Android. OS buatan Google ini mulai digunakan pada BlackBerry Priv yang dirilis pada November 2015. Priv turut dibekali papan ketik model slide-out, di samping layar sentuh. Priv sekaligus menandai akhir kiprah BlackBerry membangun ponsel.

Sumber

Post a Comment for "Nostalgia Dengan 10 Memorabilia Perangkat BlackBerry"