Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin coba Android 7.0 Nougat sekarang juga? Begini caranya


Google akhirnya resmi merilis update Android 7.0 Nougat versi public beta, dan rilisan ini untuk sementara cuma hadir untuk para pengguna ponsel Nexus yang telah mendaftarkan diri di Program Android Beta. Jika Anda penasaran untuk mencobanya, perlu dicatat bahwa update ini cuma rilis untuk sejumlah model Nexus saja, dan satu-satunya jalan untuk kembali menggunakan Android Marshmallow adalah dengan total wipe seluruh data dan file yang tersimpan di ponsel.

Rilisan kali ini juga sudah relatif stabil untuk pemakaian sehari-hari, namun statusnya yang masih beta menegaskan kalau ada kalanya Anda akan menjumpai bug dan membuat ponsel beroperasi tidak sebagaimana mestinya. Jadi sekali lagi perlu ditegaskan bahwa menginstall update Android 7.0 Nougat ini belum cocok untuk dipakai sebagai software permanen, dan Anda kemungkinan bakal ingin kembali menggunakan Android Marshmallow sehingga perlu menjalankan factory reset.

Jika peringatan tersebut tak bisa menghentikan keinginan Anda, perlu dicatat bahwa update ini cuma tersedia untuk Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus 6, Pixel C tablet, Nexus 9 dan Nexus Player. Untuk mendaftarkan diri Anda, langsung saja kunjungi halaman Android Beta Program dan temukan opsi Enroll Device untuk memilih jenis perangkat yang Anda pakai. Nyatakan sepakat dengan ketentuan yang ditetapkan, juga sadar akan peringatan tentang satu-satunya jalan untuk kembali ke Android Marshmallow adalah dengan wipe data, lalu klik Join Beta.

Perlu dicatat bahwa ukuran file mendekati 1GB, jadi ada baiknya Anda mengunduh update via WiFi atau berada di lokasi dengan sinyal jaringan yang stabil, juga pastikan baterai ponsel lebih dari cukup agar proses mengunduh berjalan lancar. Setelah terdaftar, update Android N bakal dikirim via notifikasi OTA dan proses instalasi bakal berjalan seperti halnya ketika Anda mengunduh update seperti biasa, tanpa harus melewati proses rumit seperti flashing. Selesai.

Seandainya Anda memang mendapati bahwa bug yang ada terlalu merepotkan dan Anda ingin kembali ke Android Marshmallow, maka langsung saja kunjungi halaman Android Beta lalu klik opsi Unenroll Device. Sebuah update OTA baru akan terkirim ke ponsel untuk menghapus segala data yang tersimpan, dan ponsel Anda bakal seperti sebuah ponsel Nexus baru lagi.

Post a Comment for "Ingin coba Android 7.0 Nougat sekarang juga? Begini caranya"