Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Google resmi rilis Pixel & Pixel XL


Google secara resmi merilis Pixel dan Pixel XL, dua perangkat baru yang menggantikan peran Nexus sebagai smartphone dengan stock Android. Peluncuran tersebut dilaksanakan pada sebuah event media yang digelar di San Francisco beberapa jam yang lalu.

Apa saja yang dihadirkan oleh Google untuk smartphone Pixel dan Pixel XL ini?

Secara desain, Google menghadirkan smartphone Pixel ini dengan bahan yang terbuat dari aluminum, berikut dengan kaca pelapis pada bagian depan dan sebagian panel belakang. Sisi-sisinya juga sedikit melengkung agar perangkat ini nyaman digenggam, sementara lensa kamera belakang terlihat rata dengan bodi smartphone.

Di bagian belakang smartphone terdapat pemindai sidik jari yang diberi nama Pixel Imprint. Fitur ini berfungsi memberikan keamanan berlapis, berikut dengan beberapa fungsi lainnya. Misal, menggeserkan ujung jari ke bawah maka panel notifikasi akan muncul.

Perangkat ini dilengkapi dengan layar AMOLED 5-inci dengan resolusi 1080 x 1920. Sementara untuk Pixel XL punya display lebih besar, 5,5-inci 1440 x 2560. Keduanya dilapisi dengan perlindungan dari Gorilla Glass 4. Tersedia tiga varian warna berbeda, Quite Black, Very Silver, dan Really Blue. Untuk Really Blue adalah varian yang khusus dirilis di AS saja.

Secara spesifikasi, Pixel dan Pixel XL memiliki prosesor Snapdragon 821 SoC dengan dua core 2.15 GHz dan dua core lainnya dengan kecepatan proses 1.6 GHz. Selain itu terdapat pula RAM 4 GB dan memori internal 32 GB atau 128 GB, tanpa ada dukungan untuk microSD.

Google Pixel dan Pixel XL juga didukung dengan Google Assistant, Daydream VR, dan kemampuan kamera yang melimpah.

Bicara tentang kamera, Pixel memiliki sensor gambar Sony IMX378 dengan sensor 12.3 MP dan pixel 1.55 um. Perangkat ini juga didukung dengan PDA untuk kecepatan fokus yang mengagumkan. Dengan aperture f/2.0 Pixel bisa diajak berfoto untuk malam hari.

Kamera Pixel juga tergolong istimewa karena memiliki fitur Smartburst. Dengan beberapa kali jepretan, dalam satu kali pemotretan, Pixel kemudian akan memilihkan hasil foto terbaik. Untuk mengaktifkannya, tinggal tekan tombol shutter saja.

Untuk rekaman video, meski tidak dilengkapi dengan OIS, namun software Pixel menjanjikan kemampuan rekaman video tanpa guncangan dengan hasil yang memuaskan. Ditandemkan dengan gyroscope milik smartphone tersebut, setiap guncangan akan dikoreksi secara otomatis oleh perangkat.

Selain itu, dengan menjanjikan penyimpanan cloud tanpa batas untuk foto dan video, pemilik kini bisa lebih puas merekam video berkualitas 4K.

Kelebihan lain dari Google Pixel dan Pixel XL adalah konektor Type-C ke Type-A agar bisa memindahkan data dari komputer lama ke Pixel. Bisa dipastikan bahwa smartphone ini tidak ikut-ikutan tren menghilangkan jack 3,5 milimeter.

Pixel dan Pixel XL bakal langsung dilengkapi dengan sistem operasi Android 7.1 Nougat yang dilapisi dengan launcher khas Google dan Assistant yang telah dikembangkan untuk memberikan tampilan dan performa lebih baik.

Google Pixel dan Pixel XL bakal diluncurkan ke seluruh dunia. Namun untuk saat ini hanya ada empat kawasan yang mendapatkannya, yaitu Amerika, Kanada, Eropa, dan Australia. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 8,4 jutaan dan Rp. 10 jutaan untuk Pixel XL. Sementara untuk varian 128 GB harganya lebih mahal sekitar Rp. 1,3 jutaan.

Post a Comment for "Google resmi rilis Pixel & Pixel XL"