Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gila! 40 tahun Pria Ini Hidup Bersama 642 Iguana


Seorang pria asal Meksiko telah mendedikasikan dirinya untuk merawat dan hidup dengan reptil yang terancam punah. Selama kurang lebih 40 tahun, dia membangun tempat perlindungan iguana yang bernama Iguanario Archundia yang berlokasi di kota Monzanillo, Colima, Meksiko. Pria tersebut bernama Ramon Archundia dan dia telah memiliki 642 ekor iguana di tempatnya dan spesies hewan liar lainnya.


Iguanario Achundia berawal dari empat dekade silam dimana iguana diperlakukan sangat buruk oleh manusia. Merasa kesal dengan apa yang dilakukan orang pada saat itu, Ramon Medina Archundia menyelamatkan sepasang reptil ini dan mulai mendirikan kandang kecil untuk mereka di daerah berawa di pusat kota Manzanillo. Dia mulai menyelamatkan iguana bersama ayahnya, Juan. Perlahan-lahan, orang-orang pun mengetahui tempat perlindungan yang dibuat oleh Ramon setelah kata ‘Iguanario’ menyebar luas di seluruh kota dan negara bagian Meksiko, Colima.

Merawat lebih dari 600 iguana tentunya sangat berat karena mereka memakan 181 kilogram makanan setiap harinya. Setiap hari, dia mengunjungi pasar lokal di Manzanillo untuk mengumpulkan ratusan kilogram buah-buahan dan sayuran dari pecinta hewan yang sangat antusias untuk berkontribusi terhadap Ramon.


Ramon memberi makan dan membersihkan iguana sebagai bentuk kasih sayang yang pantas mereka dapatkan. Melihat iguana berkumpul saat dia duduk saat jam makan, membuat Ramon dikenal sebagai pelindung oleh para iguana.


Iguanario sempat disita dan ditutup oleh Badan Federal Perlindungan Lingkungan Meksiko (PROFEPA), karena status spesies yang terancam punah dan fakta bahwa reptil-reptil tersebut belum terdaftar. Akan tetapi, lembaga perlindungan hewan dan pejabat setempat melakukan pembelaan dan menjaga tempat perlindungan ini agar tetap dibuka untuk umum.

Post a Comment for "Gila! 40 tahun Pria Ini Hidup Bersama 642 Iguana"