Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Galaxy S8 akan Gunakan Baterai LG


Samsung tidak akan mengulangi kesalahan yang sama dan akan memilih baterai yang aman untuk Galaxy S8, mengingat Samsung telah menghentikan produksi dan penjualan Galaxy Note 7 lantaran permasalahan baterai yang cepat panas dan berpotensi meledak.

Karena itu, Samsung Electronics akan menggunakan baterai LG Chem untuk flagship terbarunya Galaxy S8 dan menjadi pemasok baterai barunya. Saat ini Samsung baru memiliki dua pemasok baterai yaitu Samsung SDI dan perusahaan asal Tiongkok, ATL.

“Kami ingin mengurangi resiko dan menambah keberagaman pemasok komponen, salah satunya LG Chem,” kata salah satu petinggi Samsung seperti dikutip KoreaHerald.

Saat ini, sebanyak 70 persen baterai smartphone Samsung diproduksi dan didistribusi oleh Samsung SDI. Adapun 30 persen sisanya didatangkan dari produsen baterai asal Tiongkok, ATL.

Pada kasus Galaxy Note 7, Samsung menemukan kesalahan terletak pada baterai yang disuplai anak usahanya SDI. Lantas, setelah penarikan (recall) pertama dan menggunakan baterai produksi ATL, tetap saja insiden baterai panas hingga meledak tetap terjadi.

LG Chem sendiri adalah anak usaha LG yang khusus memasok baterai dan komponen perangkat elektronik lainnya Samsung dan LG Chem dikabarkan sedang dalam proses negosiasi. Karena masih dalam proses penjajakan, Samsung dan LG Chem enggan berkomentar banyak soal kerja sama untuk lini Galaxy S berikutnya.

Jika kesepakatan itu terjalin, maka Samsung akan menggunakan baterai dari anak usaha kompetitor kuatnya tersebut. “Dengan LG, produksi smartphone Samsung akan lebih stabil karena memiliki tiga penyuplai baterai,” tukas analis Daiwa Capital Markets, S.K. Kim, demikian Reuters melaporkan.

Para analis juga menilai Samsung mengambil keputusan yang bijak karena LG adalah salah satu perusahaan teknologi dan elektronik yang memiliki teknologi baterai paling bagus dan aman.

“Baterai adalah komponen vital di industri smartphone. Samsung mungkin bisa menggunakan teknologi baterai LG, baterai yang paling unggul saat ini,” kata Son Young-joo (Analis Kyobo Securities).

Post a Comment for "Galaxy S8 akan Gunakan Baterai LG"