Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Hal Aneh ini Akan Terjadi Ketika Kamu Tidur. Pasti Kamu Gak Tahu


Saat tidur ada banyak hal yang terjadi pada tubuh kita, yang pastinya tidak akan kita ketahui. Saat tubuh masuk ke tahapan tidur di malam hari, maka  tekanan darah mulai menurun, nafas melambat, otot-otot menjadi rileks, dan hormon-hormon, terutama yang membantu pertumbuhan, dilepaskan.

Selain itu ada hal aneh yang ternyata terjadi saat kita sedang tidur. Hal aneh seperti apakah itu ? Simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Tribunnews.com.

1. Hormon lapar

Saat tidur,  sistem pencernaan akan mengatur kadar hormon leptin dan ghrelin. Leptin membantu “menghambat rasa lapar dan mengatur keseimbangan energi”, sementara yang dilakukan ghrelin sebaliknya, yaitu merangsang nafsu makan dan mengontrol pelesapan insulin.

Saat kita begadang, maka kedua hormon tersebut sulit seimbang sehingga perut sulit untuk terasa kenyang.

2. Pada mata

Mata saat tidur akan bekerja lebih keras untuk membersihkan organ penglihatan dari debu dna juga kotoran. Itu lah sebabnya setelah bangun tidur kita akan mendapati belek di ujung mata yang merupakan hasil dari pembersihan yang dilakukan oleh mata pada malam hari.

3. Pemulihan tubuh

Saat tidur juga terjadi pemulihan pada tubuh. Hormon pertumbuhan dilepaskan sehingga proses perbaikan pada sel, otot, dan tulang bisa terjadi.

4. Menjadi lebih kuat

Saat tidur tubuh akan menjadi lebih kuat, karena sistem kekebalan tubuh meningkat. Namun, saat kurang tidur, tubuh akan mudah kekurangan sel darah putih yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh.

5. Stres berkurang

Saat tidur tubuh juga akan menurunkan level kortisol yaitu hormon yang terkait dengan stres. Jika  kadar hormon ini terlalu tinggi, dalam jangka panjang bisa memicu depresi, kecemasan, dan pada wanita akan mengganggu siklus menstruasi.

6. Mempercantik kulit

Tak hanya organ dalam saja yang memperbaiki diri sendiri saat tidur, ternyata kulit juga akan memperbaiki dirinya sendiri saat tidur. Itulah sebabnya tidur yang cukup menjadi salah satu rahasia kecantikan kulit.

Post a Comment for "6 Hal Aneh ini Akan Terjadi Ketika Kamu Tidur. Pasti Kamu Gak Tahu"