Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mediatek Helio X30 siap rilis awal tahun depan, Bakal jadi CHip Deca-Core tercepat didunia


Tahun 2016 tinggal menyisakan beberapa bulan lagi, dan ini berarti para perusahaan di industri smartphone sudah harus menyiapkan produk baru yang handal jika mereka ingin tetap bertahan di industri yang persaingannya semakin ketat ini. Produk kelas flagship terbaru Qualcomm yaitu Snapdragon 821 menurut jadwal bakal mulai beredar dalam waktu dekat via Xiaomi Mi 5s, LeEco Le Pro 3 dan Google Pixel & Pixel XL. Salah satu pesaing utama Qualcomm yaitu MediaTek juga tak mau kalah, dan calon produk tercanggih mereka berikutnya baru akan siap beredar awal tahun depan.

Saat ini produk tercanggih MediaTek adalah Helio X25 yang dipakai dalam Redmi Note 4. Untuk tahun 2017, MediaTek bakal menempatkan Helio X30 sebagai produk chip kelas flagship mereka, tetap dengan arsitektur deca-core yang selama ini terbukti bisa diandalkan. Kabar yang beredar menyebutkan kalau chip penerus Helio X25 ini bakal diproduksi dengan menggunakan teknologi 10nm. Sebagai perbandingan, Helio X25 diproduksi dengan menggunakan teknologi 20nm, sementara Snapdragon 820 dengan teknologi 14nm.

Jumlah core yang dipakai masih tetap 10 unit, namun MediaTek bakal meningkatkan tingkat kecepatannya dalam jumlah yang drastis. Helio X30 bakal menggunakan arsitektur deca-core yang dibagi dalam 3 buah cluster: cluster pertama berisi 4 core Cortex-A53 berkecepatan 2GHz, cluster ke-2 berisi 4 buah core Cortex-A53 berkecepatan 2,2GHz, dan cluster ke-3 berisi 2 buah core Cortex-A73 berkecepatan 2,8GHz. Untuk keperluan grafis, MediaTek bakal menggunakan GPU quad-core PowerVR 7XT, alias GPU serupa yang dipakai Apple di iPhone 6.

Setelah Helio X30, MediaTek bakal melanjutkan persiapan Helio X35 untuk periode akhir 2017 dimana mereka masih tetap menggunakan arsitektur deca-core dan teknologi produksi 10nm, namun dengan peningkatan kecepatan menjadi 3GHz untuk cluster Cortex-A73. Sumber

Post a Comment for "Mediatek Helio X30 siap rilis awal tahun depan, Bakal jadi CHip Deca-Core tercepat didunia"