Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dahului Apple, Xiaomi Mi 5S bakal jadi Smartphone pertama di dunia dengan sensor sidir jari dilapisan kaca


Kemarin New York Times menyampaikan kabar tentang perubahan drastis penting yang bakal diusung Apple untuk tahun 2017: setelah resmi meniadakan port audio jack 3,5mm di iPhone 7 & 7 Plus, Apple bakal melanjutkan perombakan desain besar-besaran mereka tahun depan dengan menghilangkan sebuah fitur ikonik lain yang sudah ada sejak iPhone pertama: tombol home.

Saat ini Apple memang sudah tak lagi menggunakan tombol home fisik di iPhone 7, dan menggantikannya dengan tombol kapasitif. Namun untuk tahun depan, Apple diyakini bakal mendorong teknologi ini lebih jauh lagi dengan menempatkan tombol home sekaligus sensor sidik jari langsung di bawah layar iPhone guna membuat tampilan iPhone seperti sebidang layar kaca penuh di tangan pengguna, tanpa embel-embel bezel pembatas maupun tombol di tengah bawah.

Jika Anda ingat, hilangnya fitur audio jack 3,5mm bukanlah sebuah hal yang mengejutkan, mengingat tahun ini sudah ada beberapa produk dari Tiongkok yang mendahului Apple dalam menjalankan perubahan tersebut dan menggantikannya dengan port USB Type-C. Hal ini tampaknya bakal kembali berulang, karena kini muncul kabar kalau Xiaomi yang selama ini dikenal gemar mencontek Apple malah bakal mendahului panutannya dengan menggunakan fitur serupa di Mi 5s.

Sebelumnya memang sudah muncul kabar bahwa Xiaomi bakal menggunakan prosesor Snapdragon 821 di Mi 5s, dimana prosesor terbaru Qualcomm ini memiliki dukungan untuk teknologi pemindai sidik jari ultrasonik Sense ID. Lewat teknologi ini, ponsel bisa menggunakan teknologi ultrasonik untuk melakukan pencitraan sidik jari pengguna dalam wujud 3D.

Kelebihan teknologi ini adalah para produsen bisa memakai sensor Sense ID dengan berbagai macam bahan, mulai dari baja, kristal safir, kaca, juga plastik. Artinya, pengguna bisa menaruh jari di bagian manapun dari ponsel, tanpa harus menyentuh daerah tertentu yang sudah ditandai untuk bisa dibaca oleh sensor. Untuk Mi 5s, sensor ini bakal dipasang di bawah lapisan kaca, dan menjadikannya sebagai smartphone pertama di dunia yang menggunakan desain tersebut.

Dugaan ini disampaikan oleh Wang Yang, Direktur dari IHS Technology untuk wilayah Tiongkok. Masih belum jelas seberapa tinggi tingkat akurasi bocoran ini, namun jika apa yang disampaikan memang tepat, maka Apple bakal perlu menghadirkan inovasi yang jauh lebih keren lagi untuk menjawab tantangan Xiaomi. Sumber

Post a Comment for "Dahului Apple, Xiaomi Mi 5S bakal jadi Smartphone pertama di dunia dengan sensor sidir jari dilapisan kaca"