Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ternyata Pungli Terselubung Paling Banyak Terjadi di Sektor Hukum


Berdasarkan laporan yang diterima pihak Ombudsman, secara implisit dugaan pungutan liar (pungli) utamanya terjadi pada sektor penegakkan hukum. Pungli di sektor tersebut dilakukan dengan modus penundaan penyelesaian perkara secara berlarut-larut yang mencapai 11 laporan per hari.

Hal itu diungkapkan anggota Ombudsman Bidang Ekonomi, Alamsyah Saragih dalam sebuah diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (23/10).

“Iya itu ada indikasi ke arah sana (pungutan liar),” kata Alamsyah. Padahal, semua syarat yang diminta untuk penyelesaian kasus kebanyakan sudah dipenuhi pelapor. Namun ditunda tanpa alasan yang jelas, ketika Ombudsman menyidik baru dikerjakan.

“Semua sudah dilengkapi, tapi kok pelayanan ditunda-tunda terus. Kalau Ombudsman turun, baru dikerjakan,” tutur Alamsyah.

Hanya secara eksplisit tindakan pungli terjadi pada dunia pendidikan. Dengan mayoritas terjadi ketika penerimaan siswa baru yang mencapai 2 laporan perharinya.

“Kalau yang eksplisit paling tinggi di dunia pendidikan. Terutama saat penerimaan siswa baru. Terjadi di segala tingkat pendidikan, SD, SMP dan SMA,” tutur Alamsyah.

Post a Comment for "Ternyata Pungli Terselubung Paling Banyak Terjadi di Sektor Hukum"