Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Samsung akan buat prosesor Snapdragon 830?


Samsung dilaporkan segera membuat prosessor 10nm pertama.

Dengan demikian, raksasa elektronik Korea Selatan ini akan mengungguli Intel dan para pembuat chip lainnya dalam mengembangkan prosesor generasi terbaru.

Sebagai perbandingan, prosesor yang akan dibuat oleh Samsung kali ini akan memiliki transistor yang hanya berukuran 10nm atau 50 kali lebih besar dari atom silicon yang berukuran 0,2nm.

Menurut Engadget, Samsung akan menggunakan teknologi pemrosesan 10nm FinFET untuk membuat prosesor ini. Tidak hanya itu desain dan arsitektur prosesor Samsung tersebut juga dikabarkan telah lebih dioptimalisasi.

Samsung bahkan mengklaim bahwa prosesor barunya akan menghadirkan peningkatan performa sebesar 27 persen dan penurunan penggunaan daya hingga 40 persen. Tentunya ini akan menjadi berita baik bagi para produsen ponsel.

Samsung mengatakan generasi pertama prosesor buatannya kali ini akan segera hadir di awal tahun 2017. Sementara generasi keduanya akan dirilis pada pertengahan tahun 2017 mendatang.

Meski tidak menyebutkan untuk siapa Samsung membuat prosesor ini, menurut laporan Korea Electronic Times, Samsung tengah menjalin kerja sama eksklusif dengan Qualcomm, dan prosesor ini dikabarkan merupakan Snapdragon 830.

Jika laporan tersebut benar, maka prosesor 10nm pertama akan segera diadopsi oleh para pembuat ponsel dan tahun depan ponsel tersebut telah bisa didapatkan di pasar. Prosesor ini juga mungkin akan menjadi otak dari penerus Galaxy S7, atau bahkan pengganti dari Galaxy Note 7.

Post a Comment for "Samsung akan buat prosesor Snapdragon 830? "