Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengembangkan Ide Untuk Membuat Apps


Jika kita ingin bergerak di bidang startup maupun menjadi pembuat aplikasi, semua harus berawal dari ide. Tanpa ide, maka tidak mungkin ada aplikasi maupun proyek apapun bisa dikerjakan. Maka tak heran jika dibutuhkan banyak ide pada bisnis ini. Namun, bagaimanakah cara menemukan ide yang bagus dan relevan untuk bisnis aplikasi kita?

Sebelum kita membuat aplikasi dan mencari ide, ada baiknya kita mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu, yaitu:

Visi.Cari tim.Siapkan teknologi.

Setelah itu, baru kita fokuskan diri untuk mencari ide. Berikut ini ada pengalaman dan tips bagaimana agar dapat membuat aplikasi mobile yang baik berawal dari ide.

Cara membuat ide:


  • Latar belakang masalah bisa menjadi ide. Menemukan ide yang unik sebenarnya susah, karena kebanyakan masalah yang ada sudah ada solusinya (dalam bentuk apps). Cara agar dapat mendapatkan masalah yang unik adalah dengan melihat objek awalnya. Misalnya mencari masalah saat menonton film, objek masalah yang di dapat adalah ‘kebelet pipis’. Untuk itu, muncul ide untuk membuat aplikasi yang akan memberitahu waktu-waktu yang tepat untuk pergi ke toilet saat menonton film tersebut. 
  • Kirim aplikasi sebanyak-banyaknya (cari ide sebanyak-banyaknya).
  • Tulis ide yang didapat. Bikin ide dulu. Jangan sia-siakan masa muda, karena dunia di luar sana sangat ganas. Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest (IWIC) dapat membantu kita untuk hal ini. IWIC bukan sembarang kompetisi, IWIC adalah alasan untuk mengembangkan ide. Itulah kenapa harus membuat ide sebanyak-banyaknya. Karena IWIC memacu diri kita untuk memberikan ide yang terbaik. 
  • Bikin konsep proposal. Yaitu Latar belakang masalah, Tujuan aplikasi, solusi, kenapa ide kamu beda, market share, dan business model. 
  • Jangan terlalu rumit.


Indosat Ooredoo mengajak pemuda Indonesia dan pemuda di belahan dunia lain untuk menciptakan ide dan aplikasi agar Indonesia bahkan dunia yang lebih baik. Melalui ajang IWIC ke-10 ini, diharapkan talenta digital Indonesia bisa sejajar dengan pemain Internasional dan menunjukkan bahwa Indonesia tidak hanya sebagai negara pengguna namun juga pembuat aplikasi mobile yang siap bersaing di kancah Internasional.

Untuk info lebih lanjut, kunjungi https://iwic.indosatooredoo.com/en/

Post a Comment for "Mengembangkan Ide Untuk Membuat Apps"