Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jia Jia Si 'Dewi Robot' Asal Tiongkok Sedot Perhatian Pengunjung di Pameran Robot Beijing

Beberapa bulan yang lalu, tim ilmuwan University of Science and Technology of China (USTC) memperkenalkan robot interaktif pertama di Tiongkok yang dijuluki sebagai 'Dewi Robot,' yaitu Jia Jia. Robot cantik ini telah dikembangkan selama 3 tahun, dan memiliki kemampuan mirip seperti manusia; mulai dari menggerakkan bibir, berbicara, menunjukkan perubahan mimik wajah, juga menggerakan tubuh.

Jia Jia kini kembali muncul dalam sebuah acara pameran robot yang diselenggarakan di Beijing, yaitu World Robot Conference 2016. Jika sebelumnya Jia Jia tampil mengenakan gaun modern, kini Jia Jia mengenakan gaun klasik Tiongkok di era kerajaan. Kehadiran Jia Jia di pameran tersebut jelas langsung mengundang perhatian berkat kemiripannya dengan manusia, dan para pengunjung pun diberi kesempatan untuk berinteraksi dengannya.

Dalam sebuah video berdurasi kurang dari 1 menit, bisa dilihat bagaimana Jia Jia menjawab pertanyaan para pengunjung mulai dari soal matematika sederhana (yang dijawab dengan bumbu humor dan sarkasme), cuaca, juga status apakah masih lajang atau sudah berpasangan. Tim ilmuwan dari USTC mengatakan kalau masih banyak peningkatan yang perlu dihadirkan agar Jia Jia bisa memiliki kemampuan interaksi yang lebih baik dengan manusia, juga ekspresi wajah yang lebih beragam.

Untuk melihat kemampuannya, simak video berikut ini:

Post a Comment for "Jia Jia Si 'Dewi Robot' Asal Tiongkok Sedot Perhatian Pengunjung di Pameran Robot Beijing"