Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi di Indonesia



Memiliki Gaji yang tinggi tentu dambaan setiap orang. lebih-lebih di Indonesia yang rata-rata gaji pegawai/buruh rendah. Namun demikian di Indonesia terdapat 10 jenis profesi yang memiliki rata-rata gaji tertinggi, berikut daftarnya.

1. Pilot Pesawat Komersial


Menjadi seorang pilot memang tidaklah mudah. Sekolah penerbangan yang mahal dan tuntutan akan jam terbang yang tinggilah yang membuat seorang pilot pesawat komersial bergaji tinggi. Maskapai Lion Air menggaji pilotnya dengan rata-rata Rp45 juta per bulan. Maskapai penerbangan Sriwijaya Air menggaji pilotnya Rp 50 juta perbulan. Sedangkan untuk maskapai Garuda, pihak manajemen Garuda mengklaim bahwa mereka menggaji pilot lokal mereka lebih dari Rp71 juta per bulan dan pilot asing Rp 68,8 juta perbulan, dalam setahun mereka bisa mendapat 15,5 kali gaji.

2. Ahli Teknik Perminyakan


Sudah menjadi rahasia umum bahwa gaji para staf perusahaan minyak memiliki rata-rata yang cukup tinggi di Indonesia, sehingga banyak orang memimpikan untuk bekerja di perusahaan minyak. PT Pertamina Hulu Energi (PHE) menyatakan gaji pegawai level manajer di anak perusahaan Pertamina ini adalah sekitar Rp 50 juta/bulan. Ini mengklarifikasi pernyataan pejabat PHE sebelumnya. Manager Afrixa and Middle East PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Eko Rukmono sebelumnya mengatakan, gaji untuk pegawai level manajer di perusahaan yang bergerak di sektor pengeboran migas ini adalah Rp 150 juta/bulan. Sebenarnya di Indonesia sendiri, gaji seorang ahli perminyakan termasuk yang paling kecil dibandingkan dengan negara lain seperti Malaysia, yang menggaji ahli perminyakan mereka hingga Rp500 juta.

3. Human Resources Manager

Human Resources Development

Bedasarkan survei yang dilakukan oleh Kelly Services, Inc. pada rentang tahun 2012-2013, gaji seorang manajer HRD (Human Resources Department) yang memiliki pengalaman kerja lebih dari 5 tahun bisa mencapai maksimal Rp75 juta per bulan. Tentunya hal ini sebanding dengan beban kerjanya, karena ia bertugas mengepalai sebuah departemen yang fungsinya merekrut dan memberdayakan sumber daya manusia terbaik demi kelangsungan perusahaan.

4. Dokter Spesialis


Gaji sebagai seorang dokter spesialis di Indonesia memang tidak memiliki standar yang sama apalagi jika membandingkan dokter spesialis yang praktek di rumah sakit pemerintah dengan rumah sakit swasta. Seorang dokter spesialis di RS pemerintah rata-rata hanya mendapatkan Rp10 juta per bulan dan ini sudah termasuk gaji pokok, insentif, dan jasa kunjungan pasien. Di beberapa daerah seperti Mamberamo Raya gaji dokter spesialis sebesar Rp 50 juta per bulan. Berbeda dengan dokter spesialis di RS swasta yang bisa mencapai minimal Rp50 juta per bulannya.

5. Ahli Pertambangan (Geologis)


Salah satu profesi dengan gaji besar adalah geolog. Seorang geologis (ahli geologi) di Indonesia mendapatkan gaji Rp10 sampai Rp30 juta rupiah per bulan. Sedangkan untuk gaji rata-rata Tenaga Kerja Asing (TKA) di sektor pertambangan dan penggalian bisa mencapai di atas Rp125 juta/bulan. Gaji geologis yang tinggi juga disertai dengan risiko yang tinggi pula. Seorang geolog risikonya juga ada, selain tinggal di pedalaman dengan jangka waktu yang lama, juga medannya berat.

[next]

6. Ahli Teknik Informatika


Insinyur yang memiliki keahlian software, mampu merancang dan menguji berbagai jenis perangkat lunak, mulai dari game untuk sistem operasi hingga aplikasi bisnis mempunyai gaji yang besar. Belakangan ini, ahli software juga dapat bekerja dari rumah, karena pekerjaan mereka praktis bisa dikerjakan dari manapun. Rata-rata, tenaga ahli software memiliki penghasilan dengan kisaran cukup tajam antara US$ 54,000-130,000 setahun. Rata-rata gaji seorang software engineer dan system administrator di Indonesia adalah Rp15 juta per bulan dan dengan pengalaman kerja lebih dari 2 tahun.

7. Manajer Pemasaran


Manajemen Pemasaran adalah sebuah disiplin bisnis yang difokuskan pada aplikasi praktis dari pemasaran teknik dan pengelolaan’s pemasaran sumber daya perusahaan dan kegiatan. Cepat pasukan muncul dari globalisasi telah memaksa perusahaan untuk pasar di luar perbatasan negara asal mereka membuat pemasaran internasional yang sangat penting dan merupakan bagian integral dari Teman strategi pemasaran perusahaan. Berdasarkan survei dari Kelly Services, rata-rata seorang manajer pemasaran mendapatkan gaji sebesar Rp60 juta per bulan.

8. Anggota DPR


Berdasarkan Surat Edaran Setjen DPRRI No.KU.00/9414/DPR RI/XII/2010 tentang Gaji Pokok dan Tunjangan Anggota DPR RI, total penghasilan (take home pay), yang dibawa pulang seorang Anggota DPR-RI, yang merangkap sebagai Ketua Alat Kelengkapan adalah Rp 54,9 juta. Sedangkan penghasilan untuk seorang Anggota DPR-RI, yang merangkap sebagai Anggota Alat Kelengkapan adalah Rp 51,5 juta. Sebagai bahan perbandingan, seorang Anggota DPR-RI periode 2004-2009 menerima gaji bulanan sebesar Rp 46,10 juta. Namun, masih ditambah dengan biaya tunjangan, biaya reses, dan gaji ke-13. Sehingga, setiap anggota DPR RI, diperkirakan dapat membawa pulang penghasilan mencapai Rp 1 miliar pertahun.

9. Ahli Konstruksi


Berdasarkan surat edaran Menteri Pekerjaan Umum Indonesia pada bulan Maret 2013, ahli konstruksi dengan pendidikan S1 (fresh graduate) tanpa pengalaman bisa mendapat gaji sebesar Rp20 juta, sedangkan untuk ahli konstruksi dengan latar belakang pendidikan S3 yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun bisa mencapai lebih dari Rp60 juta per bulan.

10. Chief Executive Officer (CEO)


CEO atau pimpinan perusahaan kelas dunia bergaji tinggi merupakan sebuah isu yang menarik pasca krisis keuangan global 2008. Setidaknya, pada 5 tahun terakhir ada CEO dunia memperoleh gaji 'selangit' yakni ada yang mencapai US$ 95 juta atau Rp 885 miliar dalam setahun. Gaji selangit itu ditopang oleh asuransi, upah tinggi, tunjangan dan bonus. Untuk CEO di Indonesia bisa mendapat gaji sebesar Rp1 milyar per tahunnya.

Post a Comment for "10 Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi di Indonesia"